Our Blog

Siapakah laki-laki yang bertaqwa itu?

Siapakah laki-laki yang bertaqwa itu?


Salah satu definisi takwa yang terbaik adalah ucapan Thalq bin Habib ,

  • Takwa adalah engkau menaati Allah di atas cahaya (ilmu) dari Allah karena mengharap balasan dari-Nya;
  • dan meninggalkan kemaksiatan kepada Allah di atas cahaya (ilmu) dari Allah karena takut hukuman-Nya.”

Dari definisi tersebut kita bisa mengenal ciri-ciri orang yang bertakwa berdasarkan pengamalannya terhadap perintah dan larangan agama.

Ciri-ciri tersebut antara lain:

1. Dia konsekuen mempelajari Islam yang benar sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman para sahabat.

Tidak mungkin seseorang mencapai hakikat takwa jika tidak mengetahui (tidak mempelajari) ajaran Islam yang benar, yang menjelaskan amalan ketaatan kepada Allah lantas dia amalkan dan yang menjelaskan amalan maksiat kemudian dia tinggalkan. (memenjarakan diri dalam syariat, apa yang dilarang ditinggalkan, apa yang diperintahkan Allah dan RasulNya di kerjakan)

2. Dia menjaga shalat lima waktu dengan berjamaah tepat pada waktunya. Sebab, shalat adalah tiang agama dan tali penghubung dengan Rabbul ‘alamin.

3. Dia tidak mengonsumsi minuman keras dan narkoba karena semua itu menyebabkan permusuhan dan kebencian serta menghalangi dari zikir dan shalat.

4. Dia bersahabat dengan orang-orang saleh dan bertakwa. Sebaliknya, dia menjauhkan diri dari orang-orang bejat yang suka bermaksiat. Sebab, persahabatan dapat memengaruhi kepribadian dan ketakwaan seseorang. (Seperti Tidak khalwat, menundukkan pandangan, dll)

5. Dia tidak begadang untuk hal yang sia-sia, seperti berbagai permainan, menonton, dan lain-lain. Sebaliknya, dia amat menghargai waktu dengan memanfaatkannya untuk menaati Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya (seperti menjauhkan diri dari musik,dll)

6. Dia tidak suka mengumpat, mencela, dan melaknat.

Itulah beberapa ciri-ciri pria bertakwa yang bisa diamati. Dengan izin Allah, pria yang seperti ini sifatnya akan berusaha membahagiakan keluarganya. Pendek kata, dia menjaga ajaran-ajaran Islam yang lurus ini dalam seluruh aspek kehidupannya. Dengan demikian, dia menjadi contoh dan suri teladan yang baik bagi orang lain. Pria seperti inilah yang siap mengamalkan bimbingan Allah dan Rasul-Nya dalam hal pergaulannya dengan istri dan anggota keluarganya.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Dinukil dari majalah Qonitah 2013,dengan beberapa penambahan keterangan


Https://telegram.me/salafiyyun

Salafiyyun Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.