Our Blog

“Bantahan terhadap Syubhat Pendapat yang Menyatakan Adanya Bid’ah Hasanah (subhat ke 3)

“Bantahan terhadap Syubhat Pendapat yang Menyatakan Adanya Bid’ah Hasanah (subhat ke 3)


Syubhat Ketiga

Pemahaman yang salah tentang atsar dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu:

مَا رَآهُ الْمُسْلِمُونَ حَسَنًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ حَسَنٌ

“Apa yang dianggap baik oleh kaum muslimin, maka dia adalah baik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.” (Dikeluarkan oleh al-Imam Ahmad, 1/379)

Bantahan


– Atsar (ucapan) ini tidak sahih jika di-rafa’-kan (disandarkan) kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi ini adalah ucapan Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu semata.
Diriwayatkan juga dari Anas radhiallahu ‘anhu tetapi sanadnya gugur. Yang sahih adalah mauquf (hanya sampai) kepada Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu.

– الْ pada kata الْمُسْلِمُونَ menunjukkan kepada sesuatu yang sudah diketahui. Tentunya yang dimaksud dengan kata al-muslimun di sini adalah para sahabat. Dan tidak ada satu pun riwayat yang dinukil dari mereka yang menyatakan adanya bid’ah yang hasanah.

– Kalaulah dianggap bahwa ini menunjukkan keumuman (maksudnya seluruh kaum muslimin), maka artinya adalah ijma’. Sedangkan ijma’ adalah hujjah. Maka sanggupkah mereka menunjukkan adanya satu perbuatan bid’ah yang disepakati berdasarkan ijma’ kaum muslimin bahwa perbuatan itu adalah bid’ah hasanah? Tentunya ini adalah perkara yang mustahil.

– Bagaimana mereka berani berdalil dengan ucapan beliau radhiallahu ‘anhu seperti ini, padahal beliau sendiri adalah orang yang paling keras kebenciannya terhadap bid’ah, yang beliau radhiallahu ‘anhu pernah mengatakan,

اتَّبِعُوا وَلاَ تَبْتَدِعُوا فَقَدْ كُفِيْتُمْ، وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

“Ikutilah! Dan jangan berbuat bid’ah. Sungguh kalian telah dicukupkan. Dan sesungguhnya setiap bid’ah itu adalah sesat.” (Sahih, riwayat ad-Darimi 1/69)

Ditulis oleh al-Ustadz Abu Muhammad Harits


Https://telegram.me/salafiyyun

Salafiyyun Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.