Our Blog

ORANG YANG MELIHAT MUSHAF TANPA MENGGERAKAN BIBIR, APAKAH DIBERI PAHALA?

ORANG YANG MELIHAT MUSHAF TANPA MENGGERAKAN BIBIR, APAKAH DIBERI PAHALA?

Samahatusy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz semoga Allah menjaganya, as-salamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu, amma ba’du:

Sebagian orang mengambil mushaf dan menelaahnya tanpa menggerakkan kedua bibirnya. Apakah semacam ini dapat dikategorikan membaca al-Qur’an atau ia harus melafadzkan dan memperdengarkannya supaya berhak mendapatkan pahala membaca al-Qur’an?


Apakah seorang itu diberi pahala hanya dengan menelaah mushaf? Berilah fatwa kepada kami, semoga Allah membalas anda kebaikan.


Wa’alaikumus salam warahmatullahi wa barakatuhu ….

Tidak mengapa menela’ah al-Qur’an tanpa membaca (qira’ah) untuk mentadabburi, merenungi, dan memahami maknanya. Namun ia tidak teranggap sebagai orang yang membaca al-Qur’an dan tidak mendapatkan keutamaan membaca (qira’ah) kecuali bila ia melafadzkannya meskipun orang yang ada disekitar tidak sampai mendengarnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi was salam:
اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه رواه مسلم


“Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pemiliknya.” (HR. Muslim)


Yang diinginkan oleh beliau shallallahu ‘alaihi was salam “bagi pemiliknya” yaitu orang-orang yang mengamalkannya, sebagaimana dalam hadits-hadits yang lainnya. Dan beliau bersabda:

من قرأ حرفا من القرآن فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها

“Barang siapa membaca satu huruf dari al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisalnya.” (HR. at-Tirmidzi dan ad-Darimi dengan sanad yang shahih)

Dan tidak teranggap sebagai orang yang membaca al-Qur’an kecuali bila dengan melafadzkannya sebagaimana ditegaskan oleh para ‘ulama. Dan Allah jualah yang memberi taufik.


Alih bahasa : Syabab Forum Salafy


Sumber : http://www.binbaz.org.sa/node/2013

WhatsApp Salafy Indonesia || http://forumsalafy.net/?p=11856
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Salafiyyun Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.